Sosialisasi Kegiatan Pembinaan Dan Bantuan Packaging Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Premium Di Sumatera Utara Kabupaten Karo Dan Mandailing Natal

Salah satu faktor yang menentukan daya saing suatu produk dalam perdagangan bebas yaitu adanya jaminan mutu dan keamanan (safety) pangan bagi konsumen dalam mengkonsumsi/menggunakan produk yang bersangkutan. Sebagai suatu upaya minimal harus dilakukan oleh setiap pelaku usaha yang bersangkutan untuk terciptanya jaminan mutu dan keamanan bagi konsumen produk olahan hasil-hasil pertanian dengan menerapkan Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Pengolahan yang Baik (CPB). Maka untuk hal tersebut Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Utara pada Tahun 2018 melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Bantuan Packaging dalam Meningkatan Daya Saing Produk Kopi Premium di Sumatera Utara melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPA OPD) Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018.

Pada Hari Rabu 19 September 2018  dilaksanakan Sosialisasi Pembinaan dan Bantuan Packaging dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Premium di Sumatera Utara di Desa Naman Kecamatan Namanteran Kabupaten Karo dan pada pada Hari Kamis 11 Oktober  2018 dilaksanakan di Desa Huta Godang Kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandailing Natal. Kegiatan ini bertujuan :

  1. Tersedianya Alat dan Bahan Packaging Kopi secara mekanis untuk Petani di Kabupaten Tapanuli Selatan.
  2. Meningkatkan motivasi petani dalam penanganan Pasca Panen kopi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.
  3. Meningkatkan mutu hasil produksi bubuk kopi petani.
  4. Membantu petani / kelompoktani dalam hal meningkatkan pendapatan dan permodalan usaha tani kopi.

Dengan pemberian bantuan ini diharapkan kelompok tani yang selama ini telah memasarkan produknya dengan peralatan pengemasan yang sederhana dapat meningkatkan kwalitas kemasan dan kapasitas pengemasan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan kelompok. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 22 orang Peserta dari kelompok Maju Bersama  di Kabupaten Karo dan 22  orang peserta dari kelompok Maju Bersama di Kabupaten Mandailing Natal. Kedua kegiatan ini juga dihadiri oleh petugas teknis kabupaten dari masingmasing kabupaten. Adapun jenis bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing kelompok ini adalah sebagai berikut :

  1. Mesin Pengemas Otomatis,
  2. Kemasan Roll Sachet,
  3. Tas Karton Kemasan,
  4. Kemasan Aluminium Foil,
  5. Sealer Berjalan

Pelaksanaan sosialisasi dapat berjalan dengan baik dan Pemerintah Kabupaten Karo dan Mandiling Natal bersedia menerima bantuan hibah alat packaging kopi ini dan akan membina kelompok tani tersebut agar tujuan dari pemberian bantuan dapat terwujud secara optimal hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh masing-masing kepala Dinas yang menangani fungsi perkebunan.

Tim teknis dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Karo antara lain Marthin Sibagariang, S.Pt, MMA; Budi Setiawan, Muhammad Fadhlan dan untuk Kabupaten Mndailing Natal Ir. Syahrial Adinda Pulungan, M.Si dan Charles RR Pasaribu.