Bimbingan Teknis Pembangunan Kebun Sumber Penyediaan Benih Tanaman Tahunan dan Penyegar

Hotel Niagara Parapat Kabupaten Simalungun – Siaonggang Utara Kabupaten Toba Samosir, 17-19 Desember 2018 Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melalui UPT Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan kegiatan Bimtek Pembangunan Kebun Sumber Penyediaan   Benih Tanaman Tahunan dan Penyegar  dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari petani Kopi dan petugas yang berasal dari kabupaten Simalungun dan Toba Samosir.

Pada kegiatan ini dihadirkan beberapa orang narasumber yaitu Ir. Robert Hardi Sinaga, MM (Direktorat Jenderal Perkebunan Kementrerian Pertanian RI), Ucu Sumirat, SP, M.Sc (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember). Selanjutnya juga dilaksanakan praktek dan tata cara penanaman kopi dilokasi calon kebun sumber benih kopi di desa Sionggang Utara Kabupaten Toba Samosir..

Tujuan Bimtek Pembangunan Kebun Sumber Penyediaan   Benih Tanaman Tahunan dan Penyegar ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan teknis bagi petugas dan petani mengenai tata cara penanaman benih kopi untuk Kebun Induk, penanaman pohon pelindung sementara dan pelindung tetap dan benih kopi yang berasal dari breder sed.

Pembangunan Kebun Induk tidak sama dengan pembangunan kebun produksi. Pembangunan kebun sumber benih harus melibat seorang pemulia dari Pusat Penelitian Kopi mulai dari survei lokasi, pembuatan lubang tanam harus standar, penanaman pohon pelindung sementara, pelindung tetap, benih yang berasal dari breder sed. Khusus untuk benih kopi harus dari benih super yang terdiri dari batang bawah dari kopi robusta varietas PB 308 yang tahan dari serangan nematoda dan batang atas klon yang sesuai anjuran khusus untuk kebun induk yang di bangun di Sumatera Utara menggunakan varietas Sigararutang.  Sementara itu pemeliharaan untuk kebun induk harus ekstra sehingga membutuhkan pendanaan yang lebih besar dari kebun produksi. kebun sumber benih dapat menjadi sumber penyediaan bahan tanam unggul. Penjualan benih dapat berkontribusi pada pemasukan daerah. Selain itu kebun sumber benih dapat menjadi tempat perlindungan plasma nutfah.

Diharapkan dengan bimtek Pembangunan Kebun Sumber Penyediaan   Benih Tanaman Tahunan dan Penyegar dapat meningkatkan  pengetahuan bagi petugas dan petani kopi tentang tata cara pembangunan kebun Sumber benih kopi yang sesuai dengan standar.