Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Tembakau Di 5 Kabupaten

Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau dilaksanakan di 5 kabupaten yang berbeda yaitu Kabupaten Karo, Dairi, Simalungun, Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan. Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Karo dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 November 2018 bertempat di Desa Lingga Kecamatan Tiga Panah. Pertemuan Bimtek tersebut dibuka oleh Kasi Perlindungan dan Perbenihan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Karo dan Pengarahan dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  oleh Kasi Pengamatan dan Pengendalian OPT serta narasumber Bimtek dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perbenihan (BBP2TP) Medan dan diwakili  oleh 2 orang staff UPTD Kabupaten Karo.

Sedangkan Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Dairi dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 7 Desember 2018 bertempat di Aula Dinas Pertanian Dairi. Bimtek Pengendalian Hama Terpadu Tanaman Tembakau dibuka oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.

Dan Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Simalungun dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 bertempat di Gereja Bayu Raja, dibuka oleh Kasi Perlindungan dan Perbenihan Tanaman  Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun.

Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau juga dilakukan di Kabupaten Tapanuli Utara pada tanggal 3 s/d 5 Desember 2018 bertempat di Gereja Kecamatan Pagaran, dibuka oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara.

Dan trakhir Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Humbang Hasundutan dilaksanakan pada tanggal 5 s/d 7 Desember bertempat di Balai Desa, dibuka oleh Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan tanaman tembakau beserta hama dan penyakit utama tanaman tembakau dan cara pengendalian OPT tembakau menggunakan pendekatan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Diharapkan petani tidak terfokus pada penggunaan pestisida kimia dalam upaya pengendalian hama pada tanaman mereka dan lebih mengedepankan konsep pengendalian hama terpadu yang menggabungkan beberapa teknik pengendalian serta menjadikan pestisida sebagai alternatif terakhir.

Harapan petani kegiatan bimtek ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya

Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Dairi Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Humbang Hasundutan
Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Karo Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Simalungun
Bimtek Pengendalian Hama Terpadu pada Tanaman Tembakau di Kabupaten Tapanuli Utara