Sosialisasi Kegiatan Pembinaan Agroindustri Gula Aren Bagi Kelompok Tani Dalam Rangka Peningkatan Mutu Kabupaten Tapanuli Selatan Dan Padang Lawas Utara

Yang menjadi pokok permasalahan bagi petani aren adalah pengelolaan gula aren diera mekanisasi, dengan keterbatasan modal maka petani/kelompok tani mengolah gula aren dengan alat yang sederhana (tradisional) sehingga produk yang dihasilkan kurang bermutu dan sulit menjangkau pasar modern.  Sementara  ditingkat pasar global baik di dalam daerah maupun di luar daerah bahkan internasional/luar negri produk yang diinginkan adalah dapat memenuhi kebutuhan pasar  baik dari segi kwantitas dan kwalitas. Maka pengolahan gula aren inilah yang perlu perhatian untuk menghasilkan produk gula aren dengan kualitas yang baik (produksi gula aren konvensional menjadi gula semut) dan peningkatan nilai tambah. Hal ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga dalam pengolahan gula aren ini target pemerintah untuk meningkatkan produk gula aren bermutu dapat diwujudkan. Maka untuk hal tersebut Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Utara pada Tahun 2018 melaksanakan kegiatan Pembinaan Agroindustri Gula Aren bagi Kelompok Tani dalam rangka peningkatan mutu  melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran Orgnisasi Perangkat Daerah (DPA OPD) Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018.

Pada Hari Kamis 04 Oktober 2018  dilaksanakan Sosialisasi Kegiatan Pembinaan Agroindustri Gula Aren bagi Kelompok Tani dalam rangka peningkatan mutu di Desa Sijungkang Kecamatan Angola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan  dan pada pada Hari Kamis 11 Oktober 2018 dilaksanakan di Desa Padang Garugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Kegiatan ini bertujuan :

  1. Tersedianya agroindustri gula aren secara mekanis untuk petani dan pengrajin gula aren di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara.
  2. Meningkatkan motivasi petani dalam mengolah gula aren, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.
  3. Meningkatkan mutu hasil produksi gula aren petani.
  4. Membantu petani / kelompok tani dalam hal meningkatkan pendapatan dan permodalan usaha tani gula aren.

Dengan pemberian bantuan ini diharapkan : Meningkatnya produktivitas dan kwalitas mutu produksi dari kelompok tani Padang Suluk dan Kelompok Tani Saroha sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani aren di kedua kelompok tersebut.

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 19 orang Peserta dari kelompok Padang Suluk di Kabupaten Tapanuli Selatan dan 21 orang peserta dari kelompok Saroha di Kabupaten Padang Lawas Utara. Kedua kegiatan ini juga dihadiri oleh petugas teknis kabupaten dari masing-masing kabupaten. Adapun jenis bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing kelompok ini adalah sebagai berikut :

  1. Pengadaan Kuali Stainless Stell,
  2. Sendok Kayu Besar,
  3. Sealer Berjalan Manual,
  4. Tungku Pemasakan,
  5. Solid Kompor Komplit,
  6. Pengukur Kadar Gula,
  7. Mesin Kristalisator Gula Semut,
  8. Oven Pengering Gula Semut,
  9. Loyang,
  10. Panci Stainless Stell,
  11. Timbangan Digital,
  12. Sendok Bubuk Gula Semut,
  13. Saringan Nira,
  14. Ayakan Gula Semut,
  15. Drum Plastik,
  16. Cetakan Gula Aren Padat “8 Inci,
  17. Cetakan Gula Aren Padat “10 Inci,
  18. Mesin Genset.

Pelaksanaan sosialisasi dapat berjalan dengan baik dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padang Lawas Utara bersedia menerima bantuan hibah alat pengolahan gula aren ini dan akan membina kelompok tani tersebut agar tujuan dari pemberian bantuan dapat terwujud secara optimal hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh masing-masing kepala Dinas yang menangani fungsi perkebunan.

Tim teknis dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakan sosialisasi di Kabupaten Tapanuli Selatan antara lain Marthin Sibagaraing, S.Pt, MMA, Bukti Manalu, Leliyani dan untuk Kabupaten Padang Lawas Utara Marthin Sibagaraing, S.Pt, MMA, Rita Budiarti Harahap, SP; Budi Setiawan.

Sosialisasi di Desa Padang Garugur Sosialisasi di Desa Sijungkang
Kabupaten Padang Lawas Utara Kabupaten Tapanuli Selatan