Pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Perkebunan (Pengembangan Agribisnis Perkebunan)

Pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Perkebunan (Pengembangan Agribisnis Perkebunan) dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran yang dilaksanakan pada tanggal 21 November  2018, Pukul : 14.00 WIB, di Hotel Grand Darussalam  – Medan.

Pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Perkebunan (Pengembangan Agribisnis Perkebunan)  berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 21 November  s/d  23 November 2018 dan dihadiri oleh  20 orang Pelaku Usaha dan Petugas Pendamping dari Dinas yang menangani Bidang Perkebunan  dari 7 Kabupaten sentra produksi Karet dan Kopi di Provinsi Sumatera Utara yaitu Kabupaten Langkat, Serdang Bedagai, Simalungun, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan

dan Tapanuli Selatan. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan petani dan petugas tentang pengolahan hasil perkebunan melalui penerapan teknologi pengolahan hasil dan penerapan sistem mutu produk.

Narasumber yang menyampaikan materi pada pertemuan Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Perkebunan ini berasal dari Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Pusat Penelitian Karet Sei Putih, GAPKINDO Sumatera Utara, Praktisi Kopi dan Asosiasi UMKM Provinsi Sumatera Utara. Materi yang disampaikan pada pertemuan ini adalah 1) Kebijakan Pembangunan Pengolahan Komoditi Perkebunan, 2) Teknologi Pengolahan dan Standart Mutu Kopi, 3) Teknologi Pengolahan dan Standart Mutu Bokar, 4) Penerapan GMP/GHP pada Usaha Pengolahan Hasil Perkebunan, 5) Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani, 6) Peranan Asosiasi UMKM dalam memfasilitasi pemasaran kopi petani dan 7) Peranan GAPKINDO dalam memfasilitasi pemasaran karet rakyat.

Peserta Pertemuan ini juga dibawa kunjungan lapangan ke Gapoktan  “Mbuah Page” di Desa Kampung Jurung Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang untuk melihat Unit Pengolahan Hasil (Bokar).