Persiapan Penyusunan Masterplan Agrowisata Kabupaten Samosir

Agrowisata Merupakan Salah Satu Bentuk Ekonomi Kreatif Di Sektor Pertanian Yang Memberikan Nilai Tambah Bagi Usaha Agribisnis Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Petani. Kabupaten Samosir merupakan salah satu daerah yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan agrowisata karena dapat menyentuh beberapa aspek antara lain:

A. Wisata Pendidikan

Bagaimanapun, Agrowisata (Agritourism) Juga Merupakan Kesempatan Untuk Mendidik Orang Banyak/Masyarakat Tentang Pertanian Dan Ecosystems. Tentang Bagaimana Berbudidaya Yang Baik, Berusaha Tani Yang Baik Serta Berwawasan Lingkungan.

B. Wisata Alam (Ecotourism)

Menampilkan Panorama Alam Yang Indah, Dalam Hai Ini Diharapkan Bukan Hanya Membuat Orang Tertarik Untuk Menikmati Keindahan Alamnya Saja, Melainkan Tergerak Untuk Memelihara Dan Melestarikannya.

C. Wisata Budaya Dan Sejarah

Tanaman Kopi Memiliki Sejarah Yang Panjang, Telah Dikenal Orang Sejak Berabad-Abad Yang Silam Di Seluruh Penjuru Dunia. Oleh Karena Itu Budaya Minum Kopi (Ngopi) Telah Lama Dikenal Orang. Dalam

Langkah awal dalam pengembangan agrowisata di Kabupaten Samosir, telah dilaksanakanĀ  Rapat Persiapan Penyusunan Masterplan Agrowisata Kabupaten Samosir pada tanggal 03 Agustus 2018 di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Samosir yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara,Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, Bapeda Kabupaten Samoir, konsultan pembuatan masterplan, Kepala Desa Parbaba, ,pelaku usaha dan instansi terkait lainnya.

Rapat Persiapan Penyusunan Masterplan Agrowisata Kabupaten Samosir bertujuan untuk membuat rencana induk (master plan) untuk pengembangan agrowisata perkebunan di provinsi Kabupaten Samosir dengan sasaran tersediannya dokumen rencana induk (master plan) untuk pengembangan agrowisata di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara dengan basis komoditi perkebunan

Hal penting yang perlu dilakukan dalam pengembangan Agrowisata Kabupaten Samosir antara lain:

  • Melakukan Delinasi Kawasan Sebagai Salah Satu Wilayah Yang Akan Dikembangkan Dengan Kawasan Agrowisata Perkebunan.
  • Melakukan Analisa Potensi Kawasan Yang Potensial Untuk Pengembangan Kawasan Agrowisata .
  • Menentukan Dan Memetakan Komponen-Komponen Yang Perlu Dibangun/Dikembangkan Serta Tahapan Pelaksanaannya.
  • Menyusun Perencanaan Tata Ruang Dan Tata Guna Lahan Kawasan.
  • Menyusun Pola Manajemen Agrowisata Perkebunan Yang Direkomendasikan

3-web