Kunjungan Lapangan Tim Ditjenbun

Medan, 7 Agustus 2018 Dalam rangka pengumpulan data untuk kegiatan penyusunan Grand Design Kawasan Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara bersama Tim Ditjen Perkebunan dan Peneliti IPB serta Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (B2P2TP) Medan telah melakukan kunjungan ke kelompok tani kelapa sawit di Kabupaten Serdang Bedagai.

Kedatangan Tim Ditjen Perkebunan dan Peneliti IPB untuk melihat potensi batang kelapa sawit yang ternyata bisa menghasilkan bahan untuk gula merah, yakni dengan mengambil nira dari umbut kelapa sawit yang sudah ditumbang. Penemuan ini bisa memecahkan permasalahan ekonomi bagi petani sawit yang menghadapi masa replanting.

Kunjungan ke lokasi produksi gula merah ini dipimpin langsung oleh Ketua Apkasindo Kabupaten Serdang Bedagai Bapak Sofyan Daulay dan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai. Kelompok tani yang dikunjungi adalah Kelompok tani Maju Jaya Desa Sukasari Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai yang juga merupakan kelompok binaan Apkasindo Kabupaten Serdang Bedagai.

Pada kunjungan ini Tim dari IPB juga memberikan saran dan masukan bagi kelompok tani dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas gula merah yang dihasilkan serta upaya memperluas skala usaha maupun pemasarannya.

5-web 3-web