Breaking News

Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan Se Sumatera Utara Tahun Anggaran 2018

Saat Ini Peranan Sub Sektor Perkebunan Bagi Provinsi Sumatera Utara Merupakan Salah Satu Sub Sektor Strategis Yang Secara Ekonomis, Ekologis Dan Sosial Budaya Memiliki Peranan Penting Dalam Pembangunan Daerah, Perkebunan Juga Menjadi Perekat Bangsa Karena Merekatkan Anggota Masyarakat Yang Hidup Diwilayah Jauh Dari Perkotaan Maupun Pedesaan.

Dilihat Dari Potensinya, Eksisting Perkebunan Mengusahai Luas Areal Mencapai 2.131.783,55 Hektar Atau 28 Persen Dari Luas Daratan Provinsi Sumatera Utara  Dan Areal  Seluas 1.134.438,20 Hektar Adalah Perkebunan Rakyat Yang Mengelola Komoditas Utama Seperti Kelapa Sawit, Karet, Kopi, Kelapa Dan Kakao Serta Berbagai Jenis Komoditas Potensial Lainnya Seperti Aren, Tembakau, Tebu Dan Komoditas Rempah Lainnya.

Tujuan dari pertemuan ini adalah :

  • Menyamakan persepsi antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka akserelasi dan sinergitas pelaksanaan pembangunan perkebunan di Provinsi Sumatera Utara
  • Mengidentifikasi permasalahan daerah dan secara bersama-sama mencari solusi penyelesaian serta mensinergikan kebijakan program kegiatan tingkat pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota
  • Mendiskusikan dan membahas berbagai permasalahan dan tantangan yang sedang dan akan dialami di dalam perjalanan membangun perkebunan di Sumatera Utara khususnya bagi perkebunan rakyat ke depan.
  • Menyelaraskan program dan kegiatan SKPD subsektor perkebunan dengan subsektor lainnya dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan perkebunan dengan daerah.

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya dan hambatan-hambatan di dalam pelaksanaannya.

Dasar dari kegiatan ini adalah :

  • Dana APBD TA. 2018 sesuai dengan Peraturan Gubernur tentang Penjabaran Anggaran Nomor 92 Tahun 2017 tanggal 29 Desember 2017 yaitu pada Dokumen Pelaksaaan Anggaran (DPA) Nomor: 3.03.2.138.82 Tanggal 16 Januari 2018, Program Peningkatan Produksi dan Produktifitas Tanaman Perkebunan judul Kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan se Sumatera Utara.
  • Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) kegiatan Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan se Sumatera Utara TA. 2018

Surat Keputusan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Nomor :    /SK/2018 Tanggal    Maret 2018    tentang penetapan susunan panitia penyelenggara, peserta dan narasumber kegiaran Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan se Sumatara Utara.

Kegiatan pertemuan ini dilakukan di Hotel Saka Premiere Jln. Gajah Mada No. 49/40  Medan pada tanggal 27 – 29 Maret 2018

Peserta pada pertemuan ini adalah Kepala Dinas Kabupaten yang menangani bidang perkebunan di 27 Kab/Kota se Sumatera Utara, Bidang/UPT lingkup Dinas Perkebunan Provinsi  Sumatera Utara dan Instansi terkait Jumlah seluruh undangan sebanyak 75 orang

Sedangkan pertemuan ini dihadiri oleh narasumber

  1. Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Perkebunan Provinsi Sumatera Utara
  2. Bappeda Provinsi Sumatera Utara
  3. Komisi B DPRD Provsu
  4. Asosiasi Exportir Kopi Indonesia (AEKI)
  5. Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)

2-web