PENANAMAN PERDANA PROGRAM PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT (PSR) DI KABUPATEN LANGKAT

Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) merupakan kegiatan kebijakan pro rakyat dan juga bentuk perhatian pemerintah terhadap sub sektor perkebunan, Program ini dapat berjalan berkat dukungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS)

KUD Harta merupakan koperasi yang ketiga melaksanakan penanaman perdana program PSR di Sumatera Utara, dimana kegiatan penanaman perdana yang pertama di Kecamatan Dolok Masihul kelompok tani Fortuna dan dilanjutkan penanaman perdana PSR yang kedua di Kecamatan Tebing Syahbandar oleh Kelompoktani Amanah,  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program PSR yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 27 November 2017 Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam pelaksanaan kegiatan penanaman perdana PSR di kabupaten langkat dilaksanakan di Desa Kwala Air Hitam Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat dimana jumlah luas keseluruhan yang sudah siap ditanam dirancanakan seluas ± 213 Ha, hadir pada pelaksanaan penanaman perdana PSR perwakilan dari dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat, Ketua KUD Harta dan Petani pekebun yang tergabung dalam KUD Harta.

Program replanting menggunakan skema dana hibah sebesar Rp 25 juta per hektar dapat membantu permasalahan kebun kelapa sawit rakyat selama ini. Terutama kurangnya permodalan ketika sudah masa waktu replanting (peremajaan). Persoalan yang terjadi adalah petani tidak mampu membeli bibit unggul bersertifikat dan membuat produktivitas menjadi rendah penghasilan petani kurang maksimal.

“Dengan hibah replanting , petani wajib menanam bibit yang unggul bersertifikat dan harus bermitra dengan pabrik kelapa sawit supaya memperoleh hasil produksi yang tinggi dan harga TBS yang lebih baik karena menjual langsung ke pabrik pengolahan. Semua itu, bermuara pada meningkatnya kesejahteraan petani kelapa sawit khususnya yang ada di kabupaten langkat.

3-web

 

web-1