Focus Group Discussion (FGD) Kajian Dampak Ekonomi Dan Sosial Program Restorasi Lahan Sawit Menjadi Hutan Lindung Di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) hari Rabu pada Tanggal 30 Mei Tahun 2018. Acara Focus Group Discussion (FGD) dibuka Langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, yang di hadiri oleh : Akademis/Peneliti, Asosiasi Pengusaha, yang mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, yang mewakili Kepala Badan Pusat Statistik  Provinsi Sumatera Utara, yang mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, serta masing-masing Dinas Kepala Bidang yang mewakili yang ada di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Adapun Tujuan dari diadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapat pandangan dan masukan dari stakeholders terkait, atas :

  1. Dampak implementasi PP. No. 57/2016 terhadap Pemilik Lahan dan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit.
  2. Kebijakan land swap yang diberikan pemerintah kepada Pemilik Lahan dan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit.
  3. Pandangan terhadap PP No. 57/ 2016 dan Peraturan turunnya dari sisi kebijakan dan keberhasilan implementasi.

Menginggat Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2014 jo. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut beserta aturan Pelaksanaan dalam bentuk Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengamanatkan seluruh stakeholders untuk melestarikan fungsi ekosistem gambut dan mencegah terjadinya kerusakan ekosistem gambut berpotensi memberikan dampak negative bagi kegiatan industri kelapa sawit.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada acara Focus Group Discussion (FGD) ini mengharapkan agar PP No. 57/2016 dapat mengakomodir terhadap Pengelolaan Lahan Gambut yang telah dilaksanakan jauh sebelum PP ini diterbitkan guna Peningkatan Kesejahteraan Perkebunan Masyarakat Perkebunan Rakyat serta terancamnya Lapangan Kerja terhadap Pengelolaan Perkebunan Besar.

2-web