Pertemuan Persiapan Dan Sosialisasi Indikasi Geografis (IG) Tanaman Kopi Arabika Kabupaten Karo

Pertemuan Persiapan dan Sosialisasi Indikasi Geografis (IG) Tanaman Kopi Arabika Kabupaten Karo dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ibu Ir. Herawati N, M.MA yang dilaksanakan pada tanggal  25  Mei  2018, Pukul : 09.00 WIB, di Hotel Rudang  – Berastagi.

Pertemuan Persiapan dan Sosialisasi Indikasi Geografis (IG) Tanaman Kopi Arabika Kabupaten Karo dihadiri oleh  65 orang Petani  Kopi yang merupakan Pengurus dan Anggota Masyarakat Perlindungan Indikasi (MPIG) Kopi Arabika Kabupaten Karo,  5 orang Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Karo dan 5 orang Peserta dari Dinas Terkait seperti BMKG, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupaten Karo, Bappeda Kabupaten Karo dan Bagian Perekonomian Setdakab Karo. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Petani, Petugas dan Instansi terkait tentang Indikasi Geografis (IG) dan manfaatnya dalam peningkatan mutu dan daya saing tanaman Kopi Arabika Tanah Karo.

Materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut antara lain 1) Produk Indikasi Geografis di Sumatera Utara serta Prospek Pengembangan IG, 2) Peran Dinas Pertanian Dalam Proses Indikasi Geografis Kopi Arabika Kabupaten Karo dan 3) Indikasi Geografis Manfaat dan Tata Cara Memperolehnya.

Narasumber yang menyampaikan materi pada pertemuan Persiapan dan Sosialisasi Indikasi Geografis (IG) Kopi Arabika Kabupaten Karo ini adalah Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumater Utara (Ir. Herawati N. M.MA), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo (Ir. Sarjana Purba, MM) dan Tim Ahli Indikasi Geografis Kementerian Hukum dan HAM RI (Ir. Surip Mawardi).