PERTEMUAN PENYUSUNAN DATA STATISTIK DAN INFORMASI PERKEBUNAN TAHUN 2017

Peran dan kontribusi subsektor perkebunan selama ini menunjukkan hasil yang signifikan dalam mendukung pembangunan, khususnya pembangunan sektor pertanian maupun pembangunan nasional. Kontribusi subsektor perkebunan ini secara langsung terhadap pendapatan Produk Domestik bruto (PDB), penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan masyarakat, pengentasan kemiskinan, perolehan devisa Negara melalui kegiatan Ekspor hasil Perkebunan.

Dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Perkebunan Sekarang dan Kedepan yang Diarahkan pada Sistem Agribisnis yang Berdaya Saing, Berkeadilan, Berkelanjutan dan Terdesentralisasi maka Ketersediaan Data dan Informasi yang Berkualitas Sangatlah Diperlukan Sebagai Landasan Dalam Kegiatan Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi Terhadap Kinerja yang Telah Dicapai Subsektor Perkebunan.

Disamping itu perkembangan tekhnologi dan tuntutan masyarakat khususnya dibidang data dan informasi sangat memerlukan ketersediaan data dan informasi yang berkualitas yaitu memenuhi kriteria sahih (valid), handal (reliable), mutakhir (up to date), objektif (obyektif) dan berkesinambungan (consistent).

Pertemuan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 23 – 25 Mei 2018, bertempat di Grand Kanaya Hotel Medan, Jalan Darussalam No. 12 Medan Petisah dengan tujuan Untuk mensinkronisasikan basis data dan system penyajian data dengan memperhatikan potensi areal untuk pengembangan tanaman yang dilakukan sehingga akan tersedia data statistik perkebunan yang dapat digunakan sebagai landasan dalam kegiatan perencanaan, monitoring dan evaluasi.

Peserta pertemuan seluruhnya 35 orang yang terdiri dari Petugas Statistik Kabupaten 27 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara dan petugas provinsi.

Kegiatan pertemuan yang di buka langsung oleh Ibu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu Ibu Ir. Herawari N.MA diharapkan Tersajikannya data statistik perkebunan yang akurat dari seluruh kabupaten untuk tahun 2017. dalam sambutannya ibu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara juga menyampaikan guna mendukung ketersediaan data yang akurat, kita setiap tahun diwajibkan melakukan pencatatan data diseluruh kecamatan yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dimana untuk mendukung kegiatan ini pemerintah melalui departemen pertanian telah memberikan fasilitasi dana berupa insentif petugas pencatat data kecamatan sebesar Rp.150.000/bulan/orang. Berkenaan dengan hal ini tentunya kita sebagai petugas mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk penyelesaian data – data dimaksud, dan untuk hal inilah kita berkumpul ditempat ini, kiranya saudara-saudara dapat memanfaatkan pertemuan ini dengan sebaik-baiknya karena pertemuan ini saya nilai mempunyai muatan positif dan strategis untuk mengadakan perbaikan data statistik perkebunan kita tahun 2017 sehingga perencanaan kita ke depan diharapkan akan lebih baik karena kualitas data yang ada dapat diandalkan ke akuratannya.

2-web