Pertemuan Pengembangan Informasi Harga Pasar Komoditi Unggulan Perkebunan Di Sumatera Utara

Pertemuan Pengembangan Informasi Harga Pasar Komoditi Unggulan Perkebunan di Sumatera Utara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2018, Pukul : 09.00 WIB, di Hotel Grand Kanaya – Medan.

Pertemuan ini sangat penting dan strategis, karena keberhasilan pembangunan pemasaran komoditas pertanian sangat ditentukan oleh kualitas penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan pemasaran, yang sangat ditentukan oleh ketersediaan informasi pasar yang aktual, akurat dan kontinue. Untuk mendukung ketersediaan informasi pasar yang aktual, akurat dan terpercaya ini diperlukan pelayanan informasi pasar yang baik, sehingga diharapkan akan dimanfaatkan sebagai penyusunan kebijakan yang tepat sesua idengan perkembangan pasar.

Penguasaan terhadap informasi pasar merupakan titik lemah yang perlu mendapat perhatian secara serius dalam meningkatkan daya saing sekaligus nilai jual produk komoditas perkebunan. oleh karena itu, agenda pertemuan ini dimana melibatkan seluruh pembina dan petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) sekaligus sebagai ujung tombak kita dilapangan.

Penguatan terhadap petugas pelayanan informasi pasar hasil perkebunan dapat menjadi kunci pembuka untuk bangkitnya produk perkebunan indonesia sekaligus menguasai pangsa pasar domestik maupun pasar ekspor, karena dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini, memungkinkan dilakukannya komunikasi antar kabupaten, provinsi, lintas negara untuk dapat saling mengakses informasi dalam pengambilan keputusan. teknologi informasi inilah yang menjadi pembuka jalan bagi globalisasi produksi maupun globalisasi pemasaran.

Kemudahan- kemudahan dalam akses informasi tersebut akan membuka peluang bagi indonesia untuk memperluas pangsa pasar yang ada, dan sekaligus menyediakan kesempatan kerja bagi angkatan kerja kita. perdagangan komoditas pertanian tanaman perkebunan pada era globalisasi informasi saat ini menuntut transparansi pasar yang sangat kuat dan tuntutan efisiensi dibidang produksi serta pemasaran agar komoditas yang diperdagangkan memiliki daya saing yang kuat di pasar bebas.

Pelayanan Informasi Pasar Dalam Mendukung Pengembangan Pemasaran Komoditas Perkebunan Mempunyai Peranan Sangat Strategis Yaitu (1) Meningkatkan Daya Tawar Petani, (2) Memberikan Masukan Penyusunan Kebijakan Pemasaran Komoditas Pertanian, (3) Meningkatkan Arus Perdagangan Antar Daerah, (4) Memberikan Masukan Perencanaan Usaha Tani. Salah Satu Upaya Untuk Meningkatkan Akses Petani Terhadap Pasar Dan Informasi Pasar Adalah Adanya Pelayanan Informasi Pasar.

Kesimpulan dari Pertemuan Pengembangan Informasi Harga Pasar Komoditi Unggulan Perkebunan di Sumatera Utara adalah sebagai berikut :
• Peningkatan Kompetensi Pelayanan Informasi Pasar Produk Perkebunan
• Pemasaran merupakan ujung tombak agribisnis dari hulu ke hilir untuk dapat menguasai pasar maka kuasai informasi
• Strategi Pemasaran yang tepat akan memperpendek rantai pemasaran guna meningkatkan posisi tawar petani
• Pengembangan akses pasar dengan memanfaatkan jaringan informasi internet merupakan sarana efektif
• Untuk meningkatkan pangsa pasar sekaligus memperkuat posisi tawar produk perkebunan dapat dilakukan melalui promosi dan penyebaran informasi terkait dengan komoditi perkebunan strategis. Peran Petugas PIP dalam penyebaran Informasi sangatlah penting
2-web