Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Menerima Audensi Walhi Sumatera Utara

Pada hari Jumat, 20 April 2018, bertempat di Aula Mini Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara  (Ir.Herawati N, M.MA), menerima Audensi perwakilan WALHI Sumatera Utara sebanyak 6 (enam) orang.

Pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bidang Perlindungan Perkebunan serta mewakili Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran untuk mendiskusikan tentang Perizinan Perkebunan di Provinsi Sumatera Utara.

Dari ± 300 perusahaan perkebunan di Provinsi Suimatera Utara baik kebun mapun Pabrik Kelapa Sawit (PKS), kewenangan Provinsi Sumatera Utara dalam pelaksanaan pembinaan sesuai dengan Permentan 98 Tahun 2013 tentang Pedoman Perijinan Usaha Perkebunan adalah sebanyak 52 perusahaan perkebunan. Dengan berkembangnya usaha perkebunan kelapa sawit di kabupaten, disinyalir keberadaan usaha perkebunan masuk dalam kawasan hutan. Berdasarkan SK 579/ Menhut-II/2014, kawasan hutan di Provinsi Sumatera Utara yang tersisa ±  3.055.795 Ha.

Berdasarkan permasalahan tersebut, WALHI Sumatera Utara menjalin kemitraaan dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dalam rangka penyelamatan hutan terkait perbaikan database perizinan perkebunan, monitoring perijinan perkebunan HGU yang masuk kawasan hutan serta langkah penyelesaian permasalahan.

Dengan adanya pertemuan dan jalinan kemitraan antara Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dengan WALHI Sumatera Utara, harapan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara terhadap perizinan perkebunan di Provinsi Sumatera Utara dapat tertata dengan lebih baik.