Breaking News

Rapat tim Satgas SPIP Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2018

Medan 22 Maret 2018.

Pada Hari Senin – Selasa, 19 – 20 Maret 2018 Tim Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (Satgas SPIP) Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan rapat  penerapan sistem pengendalian Internal Pemerintah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara bertempat di Sofyan Saka Hotel. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan  Provinsi Sumatera Utara. Dalam arahannya Kadis Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. Herawati. N, MMA mengatakan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan  penyempurnaan dari Pengawasan Melekat  (Waskat). Waskat  pendekatannya melalui pengawasan atasan langsung. Sedangkan SPIP pendekatannya melalui lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian intern. dari sudut pengendalian, perubahan ini membawa pada konsekuensi perlunya sistem pengendalaian intern (SPI) yang kuat untuk meyakinkan tercapainya proses dan hasil kegiatan seperti yang diinginkan. SPI yang kuat diperlukan dalam rangka pengelolaan kegiatan dan resiko serta metode tata kelola yang tepat yang mampu meyakinkan dapat  dikendalikannya proses dan diperolehnya hasil kegiatan seperti yang diinginkan. Selain itu, SPI diperlukan untuk meningkatkan kegunaan dan keandalan informasi baik keuangan dan non keuangan.

Oleh karena itu seluruh pegawai negeri sipil di Provinsi Sumatera Utara harus memahami sistem pengendalian intern pemerintah serta mempertimbangkan  apakah prosedur-prosedur sistem pengendalian intern telah dirancang  dan diterapkan secara memadai. Pemahaman atas rancangan sistem pengendalian intern digunakan untuk menentukan saat dan jangka waktu serta penentuan prosedur yang diperlukan dalam pelaksanaan audit.

Rapat  Penerapan Sistim Pengendalian Intern Pemerintah ini dilaksanakan dengan tujuan :

1. Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mengerti dan memahami makna dan arti pentingnya SPIP dalam melaksanakan pengendalian terhadap pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sesuai kewenangan yang dimiliki dalam pencapaian tujuan organisasi.

2.Satuan Tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan resiko yang mungkin timbul dan sekaligus membuat rencana tindak pengendalian (RTP).

Sebagai narasumber dalam Rapat  Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 adalah Bpk Edison Sidabukke dari BPKP Wilayah Sumut dan Bpk Ir. Suryono, MM dari Inspektorat Provisnsi Sumatera Utara dan sebagai peserta adalah seluruh Esalon III dan Esalon IV lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yang dalam hal ini sebagai Tim Satgas Sistim Pengendalian Internal Pemerintah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.