Mediasi Perbedaan harga Pembelian TBS 2018

Pada hari Rabu 28 Februari 2018 bertempat di Ruang Rapat Bagian Umum PT. Perkebunan Nusantara III Medan, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Ir. Herawati. N, MMA berhasil memediasi PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan KUD Pelita Desa Silau Jawa Asahan, dengan menghasilkan 3 kesepakatan penting yaitu :

  1. Bahwa PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) setuju untuk membeli Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa sawit dari KUD Pelita sebagaimana KUD Pelita menyatakan setuju untuk menjual TBS ke PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) sesuai jumlah dan persyaratan-persyaratan yang disepakati dalam pertemuan ini.
  2. Harga Pembelian TBS mengacu kepada harga yang telah ditetapkan Pokja Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Sumatera Utara yang mengacu kepada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01/PERMENTAN/KB/120/2018 dengan syarat dan kriteria yang telah ditentukan.
  3. Pelaksanaan pengelolaan Kebun Revitbun KUD Pelita mengacu kepada Pola Satu Manajemen.

Adapun yang melatarbelakangi dilaksanakannya pertemuan mediasi antara PT. Perkebunan Nusantara III Medan, PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan KUD Pelita Desa Silau Jawa Asahan adalah dikarenakan : Adanya Perjanjian Kerjasama antara PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan KUD Pelita Desa Silau Jawa tentang pelaksanaan Peremajaan Kebun Kelapa sawit Petani Eks PIR Lokal Asahan Anggota KUD Pelita melalui Program Revitalisasi Perkebunan yang tertuang dalam perjanjian keerja sama Nomor. 3.14/SPJ/42/2013 : 053/KUD-P/SJ/XII/2013; Terjadinya selisih nilai pembelian / penjualan TBS milik KUD Pelita kepada PKS PT. Perkebunan Nusantara III, yang mana menurut KUD Pelita, harga pembelian TBS tersebut tidak sesuai dengan harga Pokja Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Sumatera Utara; PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) melakukan pembelian TBS KUD Pelita berdasarkan Nilai Realisasi Rendemen (CPO & Kernel) dan harga jual CPO & Kernel yang dikeluarkan oleh KPB (Kantor Perwakilan Bersama) dengan berpedoman kepada Rumus Pembelian TBS PT. Perkebunan Nusantara III (Persero); PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dan KUD Pelita sepakat untuk menyelesaikan selisih pembelian TBS dengan mengikut sertakan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara sebagai fasilitator atau Pembina Kerjasama antara PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan KUD Pelita pada Program Revitalisasi Perkebunan (REVITBUN) di Provinsi Sumatera Utara.

Melalui pertemuan yang dimediasi oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara tersebut maka permasalahan hubungan kerja sama antara PT. Perkebunan Nusantara III Medan, PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan KUD Pelita Desa Silau Jawa Asahan sudah dapat diatasi dan kedepan diharapkan hubungan kerjasama tersebut akan semakin baik dan saling menguntungkan diantara kedua belah pihak yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas baik perusahaan dan masyarakat.

Rapat mediasi ini dihadiri antara lain : Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara; Kepala Bidang Pengolahan dan Perkebunan Dinas Perkebunan Sumatera Utara & Staf; Ketua Pokja Tim Penetapan Pembelian Harga TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Sumatera Utara; Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan; Manager Kebun Huta Padang PT. PN3; Manager PKS Sei Silau PT. PN3 ;Ka. Sub Bag. Pengembangan Tanaman dan Diversifikasi Bisnis PT. PN3; Ka. Subbag Lingkungan PT. PN3; Ka. Sub Bagian Administrasi Tanaman PT. PN3; Ka. Bidang Distrik Asahan; Karpim mewakili masing-masing Bagian 2,09,3,11,3,12 dan 3,15 PT. PN3; Pengurus KUD Pelita (Ketua, Sekretaris, bendahara); Anggota KUD Pelita (Petani Peserta Program Revitalisasi Perkebunan KUD Pelita).