Kegiatan pelaksanaan peremajaan Kelapa Sawit di Indonesia 2018

Kegiatan pelaksanaan peremajaan Kelapa Sawit di Indonesia dimulai dilaksanakan secara perdana dari Provinsi Sumatera Selatan pada bulan Oktober 2017 selanjutnya dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara pada bulan November 2017, untuk Sumatera potensi pada tahun 2017 yang akan meremajakan seluas ±9.109,29 Ha. Potensi Kebun rakyat tersebut tersebar di 12 kabupaten yaitu Serdang Bedagai, Langkat, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Padan Lawas Utara, Padang Lawas, Deli Serdang dan Tapanuli Tengah.

Saat ini koperasi dan gapoktan yang sudah ada rekomtek dari BPDPKS yang realisasi dan telah melaksanakan perjanijan PKS 3 pihak adalah Kabupaten Serdang Bedagai (Gapoktan Amanah dengan luas 53,55 Ha dan Gapoktan Fotuna dengan luas 54,62 Ha), Kabupaten Langkat (KUD Harta luas 221,923 Ha), dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Koperasi Anugerah Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) luas 157,136 Ha dan Gapoktan Aek Raso Maju Bersama luas 402 Ha). yang telah mendapatkan dukungan dana PSR dari BPDP Kelapa Sawit dan pembiayaan peremajaan dari Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI.

Pembiayaan peremajaan kebun kelapa sawit yang difasilitasi oleh Bank, sebagian dana yang diberikan bersumber dari dana hibah BPDP Kelapa Sawit sebesar Rp 25 juta per hektar, untuk melengkapi kekurangan biaya peremajaan pekebun, melalui KUR dengan skema khusus yang berlaku mulai 1 Januari 2018 diberikan dengan tingkat bunga 7% dengan selama grace period (maksimal 5 tahun).

Pada tanggal 27 Februari 2018 telah dilaksanakan Perjanjian Kerjasama PKS 3 Pihak (BPDPKS, BANK dan Gapoktan/Koperasi) yang dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara yaitu KUD Harta, Koperasi Anugera Jaya Mandiri Sejahtera (AJMS) dan Gapoktan Aek Raso Maju Bersama. Hadir pada pelaksanaan Perjanjian Kerjasama PKS 3 Pihak adalah Perwakilan dari BPDPKS, Bank Mandiri, Bank BRI, Off taker dari PTPN 2, PT. Asian Agri dan PT. Nubika dan disaksikan oleh dari Dinas Perkebunan Provinsi, Dinas yang Membidangi Perkebunan Kabupaten Langkat dan Dinas yang Membidangi Perkebunan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kegiatan pelaksanaan peremajaan Kelapa Sawit di Indonesia 2018-1