Breaking News

Peningkatan kinerja aparatur melalui pelaksanaan outbound ASN

Program outbound merupakan suatu proses pembelajaran yang tersusun secara sistematis, berjenjang dan berlangsung secara terus menerus (dinamis) sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika sosial kemasyarakatan. Outbound adalah sebuah konsep kerangka berfikir ulang dan pengingatan kesadaran berfikir yang mengedepankan aspek social dan individual didalam kelompok yang akan terbentuk dengan tetap memenuhi kaidah pembelajaran yang sesuai dan tepat sasaran disesuaikan dengan daya serap dan tingkat materi yang akan diberikan kepada peserta outbound.

Untuk itulah Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan outbound guna peningkatan kinerja aparatur ASN dilingkup  Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara/UPT. Dengan adanya pelaksanaan outbound tersebut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja dan profesionalisme ASN serta menumbuhkankembangkan kepedulian di lingkungan kerja dan mampu juga menjalin persaudaraan dan kebersamaan diantara sesama ASN lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Adapun peserta outbound tersebut adalah ASN Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Pegawai honorer. Mekanisme pelaksanaan outbound tersebut akan dilakukan sepenuhnya oleh peserta/ASN yang nantinya didampingi oleh instruktur serta team support yang akan membantu pencapaian hasil pembelajaran yang telah ditetapkan. Peserta outbound akan melakukan aktivitas dilapangan untuk mempraktekan simulasi game yang akan diberikan oleh instruktur . Sementara instruktur akan memberikan permasalahan dan menguji serta menjembatani segala kebutuhan peserta, dan  orang  yang akan  berada diluar  kelompok untuk menilai  secara objektif semua penyelesaian permasalahan kelompok dari sudut pandang orang lain terlepas dari dinamika kelompok.

Dalam Pelaksanaan Outbound dituntut 7  prinsip dasar  yang harus dimiliki oleh peserta antara lain :

  • Rasa saling memiliki

Merupakan perwujudan dari rasa cinta kasih antara sesame peserta tanpa ada jurang diantara mereka.

  • Tanggung jawab.

Semua aktivitas akan selalu diarahkan untuk meningktkan rasa tanggung jawab dari seluruh peserta

  • Kedisiplinan

Salah satu tolak ukur keberhasilan adalah kedisiplinan yang meruupakan daya tahan peserta dalam tetap mempertahankan ritme kegiatan yang berjalan diats aturan yang telah ditentukan

  • Trust

Seluruh peserta diarahkan untuk menyamaratakan perasaan dan saling percaya satu sama lain.

  • Integritas

Instruktur menjadi jembatan bagi para peserta untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan tanpa pamrih/sepenuh hati didalam memecahkan permasalahan.

  • Loyalitas

Peserta akan dibimbing untuk tetap mempertahankan kesetiaan pada kelompok dan game yang akan dikerjakan sampai membuahkan suatu kesimpulan bersama.

  • Emphaty

Mengajak peserta keluar dari aspek sudut pandang diri sendiri dan berlaku sebagai orang lain yang kemudian diajak untuk merasakan dan memahami dinamika kelompok.

Tujuan :

  1. Meningkatkan produktivitas kerja dan profesional ASN
  2. Menumbuhkembangkan kepedulian dilingkungan kerja
  3. Menjalin persaudaraan dan kebersamaan diantara sesama ASN
  4. Menambah Loyalitas dan integritas ASN
  5. Menciptakan lingkungan kerja yang positif dan bersih
  6. Menambah wawasan dan refreshing

Sasaran :

Terlaksananya Peningkatan kinerja aparatur melalui pelaksanaan outbound ASN di lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Waktu pelaksanaan:

Pelaksanaan kegiatan Peningkatan kinerja aparatur melalui pelaksanaan outbound ASN di lingkup Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara Tanggal 6 s/d 7 Oktober 2017 di Sinabung Hill Hotel & Resort Berastagi. Adapun peserta outbond berjumlah 136