Evaluasi dalam rangka Penetapan Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Pohon Induk Terpilih (PIT) Kelapa Unggul Lokal

kegiatan Evaluasi dalam rangka Penetapan Blok Penghasil Tinggi (BPT)   dan Pohon Induk Terpilih (PIT)  Kelapa Unggul  Lokal di selenggarakan pada tanggal 13 s/d 15 September 2017 berlokasi pelaksanaan di desa Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara di hadiri peserta dari Kelompok Tani Flamboyan dan Tim.

Kabupaten Batubara adalah salah satu daerah penghasil kelapa dimana kelapa dari daerah ini sangat bagus. Luas pertanaman kelpa di batubara kurang lebih 6.046,00 Ha dengan produksi 7.017,00 Ton/Ha dan produktivitas 1.199.49 Kg/Ha/Thn.Yang menjadi penyebab rendahnya produktivitas tanaman kelapa adalah masih tingginya penggunaan bahan tanaman/benih yang tidak bersertifikat, untuk itu sangat perlu adanya kebun Sumber Benih untuk memenuhikeperluan  perkebunan rakyat.

Tujuannya adalah   mengevaluasi kelayakan untuk menjadi Kebun Sumber Benih Kelapa Unggul. Sasaran  kegiatan adalah Blok Penghasil Tinggi Kelapa Dalam  kelompok Tani Flamboyan.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 Wib  melakukan kunjungan/ pengamatan lapangan  ke desa Ujung Kubu Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara bersama dengan kelompok tani Flamboyan, Tim Balitka Manado, Dirjenbun, Balai Besar Perbenihan Tanaman Perkebunan UPT Perbenihan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batubara.

Pengamatan dilakukan  terhadap terhadap beberapa komponen antara lain; berat buah, ketebalan daging buah, besar buah, berat sabut , produksi, produktivitas dll, sedangkan penyiapan persyaratan berkas kelompok tani telah selesai dilaksanakan.  Pelaksanaan pengamatan ini telah dilaksanakan beberapa kali sesuai periode waktu yang ditetapkan dan ini merupakan peninjauan terakhir.

 

Berita Acara pemeriksaan telah selesai dan telah diserahkan kepada Direktorat Jenderal Perkebunan yang diwakili oleh bapak. Robert  Sinaga

Kelompok tani Flamboyan dan Pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batubara  sangat mengharapkan agar kiranya Pelepasan Kebun  Sumber Benih Kelapa Unggul Lokal cepat  diproses sehingga nantinya dengan telah terbitnya SK Dirjenbun Kemeterian Pertanian Kabupaten Batubara telah memiliki Kebun Sumber Benih yang telah ditetapkan.