Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Air Perkebunan di Wilayah Aliran Sungai Toba Asahan Bagi Petugas Kabupaten dan Perusahaan

Ketersediaan air menurut ruang dan waktu merupakan hal yang sangat fundamental dalam pengembangan usaha perkebunan, untuk itu sangat dibutuhkan perhatian Stackoholder terkait penyelesaian masalah di dalam ekosistem daerah aliran sungai sebagai satu kesatuan ekosistem dari hulu sampai hilir.

Tujuan kegiatan untuk mensosialisasikan Pengelolaan DAS Toba Asahan sebagai salah satu kawasan konservasi dan aliran sungai yang harus dilestarikan sesuai amanat dalam PERDA.

Sasaran Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan petugas perusahaan tentang Peraturan Daerah dan perbaikan perlindungan lingkungan  tentang Pengelolaan Sumber Daya Air perkebunan di kawasan Das Toba Asahan.

Pelaksanaan Kegiatan di Hotel Garuda Plaza Medan tahun 2016 yang di hadiri peserta berjumlah 30 orang dari 9 Kabupaten, 7 Perusahaan Swasta Besar dan   PTPN IV dan narasumber dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Propinsi Sumatera Utara (BAPPEDASU) dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Prop. Sumatera Utara.

Pelaksanaan sosialisasi  telah dilaksanakan , respon peserta terhadap sosialisasi pengelolaan sumber daya air di kawasan Das Toba asahan  menimbulkan banyak pertanyaan dari para peserta baik itu  dari kalangan Pemerintah maupun perusahaan swasta.  Sesuai dengan amanat dan PERDA yang telah diterbitkan oleh Gubernur Sumatera Utara tentang pengelolaan DAS Toba Asahan sebagai salah satu kawasan konservasi dan aliran sungai wajib dilestarikan.