Pelatihan Pemanfaatan Hasil Samping Komoditi Perkebunan Bagi Wanita Tani dan Ibu PKK

Dalam rangka menghadapi krisis keuangan global yang melanda dunia saat ini, dibutuhkan sumber penghasilan tambahan dalam menutupi kebutuhan keluarganya. Jika selama ini, kaum bapak lebih besar tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan keluarga, maka pada kondisi yang terjadi saat ini dibutuhkan peran serta wanita tani/ibu PKK untuk menambah penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan keluarganya.

Peranan wanita tani dan ibu PKK perlu ditingkatkan melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Salah satunya adalah ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan hasil samping komoditi perkebunan, sehingga wanita tani dan ibu PKK dapat mengelola lahan pekarangan yang sempit, mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan guna meningkatkan pendapatan keluarganya.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada Tahun Anggaran 2016 Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan wanita tani dan ibu PKK melalui kegiatan “Pelatihan Pemanfaatan Hasil Samping Komoditi Perkebunan Bagi Wanita Tani Dan Ibu PKK”  pada tanggal 2 Mei 2016 di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang

Sebagai Narasumber yaitu:

  1. CIKAL USU :

Materi : “Wirausaha Home Industri Tanaman Perkebunan”

  1. FAKULTAS TATA BOGA (UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Materi : “Pengolahan Makanan dari Bahan Baku Gula Aren, Kelapa, Coklat. Sagu dan Komoditi Perkebunan  Lainnya