Pemberian Bantuan Peralatan Tebu

Pemberian bantuan peralatan tebu berupa 2 (dua) unit dump truk diberikan kepada kelompok tani yang tergabung dalam Koperasi Petani Tebu Rakyat pada Koperasi Serba Usaha Karsa Mulya Kwala Madu Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh pihak penyedia PT. Sumatera Berlian Motorsn kepada ketua kelompok tani yang tergabung dalam Koperasi Petani Tebu Rakyat pada Koperasi Serba Usaha Karsa Mulya Kwala Madu Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat disaksikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, PPK Satker Perkebunan, Kepala Desa Kuala Madu, anggota kelompok dan beberapa orang pegawai dari dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten Langkat.

Dalam sambutannya PPK Satker Ditjen Perkebunan pada Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan bantuan yang berasal dari dana Tugas Pembantuan Ditjen Perkebunan RI yang pengadaannya melalui system e-katalog dari LKPP sehingga spesifikasi yang ada telah sesuai dengan spesifikasi yang tertuang didalam Pedoman Umum Pelaksanaan Kegiatan. Bantuan dump truk yang diberikan masih atas nama Dinas Perkebunan Provinsi maka diminta kepada koperasi untu menjaga barang tersebut sesuai dengan pemanfaatannya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan arahan bahwa bantuan yang diberikan merupakan alat pengangkutan hasil panen tebu petani yang digunaakan pada saat masa panen antara bulan februari sampai juni. Namun pada saat tidak memasuki musim panen maka barang tersebut dapat disewakan untuk keperluan lainnya seperti pengangkutan pupuk maupun hasil panen komoditi pertanian lainnya dalam rangka peningkatan pendapatan koperasi.

Kepada pihak koperasi diharapkan segera menyusun SOP pinjam pakai dump truk dibantu oleh pejabat/petugas teknis dari kabupaten, mengingat bantuan yang diberikan merupakan hak seluruh anggota koperasi maka setiap anggota memiliki hak yang sama dalam penggunaannya.