Pelatihan Agribisnis Perkebunan Dan Pemanfaatan Hasil Samping Komoditi Perkebunan Bagi Wanita Tani / IBU PKK

Dalam rangka menghadapi krisis keuangan global yang melanda dunia saat ini, dibutuhkan sumber penghasilan tambahan dalam menutupi kebutuhan keluarganya. Jika selama ini, kaum bapak lebih besar tanggung jawabnya dalam memenuhi kebutuhan keluarga, maka pada kondisi yang terjadi saat ini dibutuhkan peran serta wanita tani/ibu PKK untuk menambah penghasilannya sehingga dapat mencukupi kebutuhan keluarganya.

Peranan wanita tani / Ibu PKK perlu ditingkatkan melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan. Salah satunya adalah ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang agribisnis pertanian/perkebunan, sehingga wanita tani / Ibu PKK dapat mengelola lahan pekarangan yang sempit, mengolah dan memasarkan produk yang dihasilkan guna meningkatkan pendapatan keluarganya.

Sistem agribisnis merupakan totalitas atau kesatuan kinerja agribisnis yang terdiri dari subsistem agribisnis hulu yang berupa kegiatan ekonomi input produksi, informasi dan teknologi; subsistem usahatani yaitu kegiatan produksi pertanian primer tanaman; subsistem agribisnis pengolahan; subsistem pemasaran; subsistem penunjang yaitu dukungan sarana dan prasarana serta lingkungan yang kondusif.

Dalam sistem agribisnis maka seluruh sub sistem harus berjalan secara produktif dan efesien untuk menghasilkan produk bermutu yang mempunyai daya saing tinggi baik di pasar domestik maupun pasar internasional

Kegiatan?Pelatihan Agribisnis Perkebunan Dan Pemanfaatan Hasil Samping Komoditi Perkebunan Bagi Wanita Tani / IBU PKK yang diselenggarakan pada tanggal?2 April 2015 dihadiri 50 peserta dengan narasumber dari?CIKAL USU dan?FAKULTAS TATA BOGA (UNIVERSITAS NEGERI MEDAN).

Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan Wanita Tani /ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan hasil samping komoditi perkebunan di Sumatera Utara,?Meningkatkan home industri di Sumatera Utara, dan?Menambah penghasilan keluarga wanita tani / ibu-ibu PKK. Sasaran kegiatan yaitu terlatihnya wanita tani/ Ibu PKK dalam pemanfaatan hasil samping perkebunan.