Pertemuan Forum SKPD Subsektor Perkebunan Tahun 2016 Medan, 16 Maret 2015

Pertemuan Forum SKPD Subsektor PerkebunanPemerintah provinsi untuk tahun 2016 telah memprioritaskan perhatian pembangunan antara lain yang berhubungan dengan sub sektor perkebunan adalah:

  1. Peningkatan produksi, produktivias dan daya saing produk pertanian, kelautan dan perikanan;
  2. Peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan, penerapan teknologi, inovasi dan kreativitas daerah;
  3. Peningkatan ekonomi kerakyatan
  4. Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin;
  5. Mendukung dan mendorong kebijakan nasional di daerah.

Prioritas pembangunan tersebut kita harapkan berimplikasi pada laju pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tahun 2016 yang diestimasikan berada pada kisaran 5,5 ? 5,8% dengan PDRB perkapita mencapai Rp. 47,5 juta.

Sesuai dengan rancangan awal RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2016 dimana program pembangunan perkebunan termasuk pada prioritas kelima yakni peningkatan produksi, produktifitas dan daya saing produk pertanian, kelautan dan perikanan.

Maka dalam rangka mewujudkan target pembangunan perkebunan di Sumatera Utara dan mengatasi permaslahan subsektor perkebunan, maka program prioritas pembangunan perkebunan tahun 2016 yaitu :

  1. Program Peningkatan Produksi dan Produktivitas Tanaman Perkebunan; Dan
  2. Program Peningkatan Mutu dan Pemasaran Hasil Perkebunan

Untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan perkebunan di Provinsi Sumatera Utara, perlu dilaksanakan forum skpd perkebunan dalam rangka penyusunan rencana kerja pembangunan perkebunan di Sumatera Utara antara kabupaten/kota yang membidangi perkebunan dengan provinsi khususnya kegiatan pembangunan perkebunan tahun 2016. Hal ini sesuai dengan amanat permendagri no.54 tahun 2010 lampiran vi tentang tahapan dan tata cara penyusunan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (renja skpd).

Forum skpd provinsi merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan skpd sebagai perwujudan dari pendekatan partisipastif perencanaan pembangunan daerah.

Tujuan forum skpd provinsi adalah:

  1. Menyelaraskan program dan kegiatan skpd provinsi dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kabupaten/kota;
  2. Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan skpd provinsi sesuai dengan tugas dan fungsi skpd;
  3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar skpd provinsi dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah; dan
  4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing skpd provinsi.

Keberhasilan dari pembangunan perkebunan dimaksud menjadi tanggung jawab kita bersama selaku aparat pemerintah dalam meramu dan mengkoordinasi setiap program dan kegiatan dengan stake holder terkait keterbatasan dana pemerintah di provinsi (apbn dan apbd) seyogianya ditopang oleh dana pemerintah kabupaten dan bahkan diharapkan kita semua dapat menggalang dana dengan pihak ketiga seperti pemanfaatan dana csr dan sumber lainnya. Koordinasi antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten harus dapat saling bersinergi dan berkesinambungandan lebih ditingkatkan.