Breaking News

Hari Pangan Sedunia 2014

Eksistensi pangan adalah salah satu isu penting bagi kemanusiaan. Keprihatinan utama para pemerhati lingkungan adalah pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak diimbangi dengan kesadaran manusia untuk memelihara lingkungan. Padahal bumi kita ini tidak akan bertambah dimensinya.

Peningkatan jumlah penduduk, konversi lahan untuk pemukiman dan industri, perubahan iklim menjadi tantangan bagi pengembangan sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan. Namun demikian peningkatan ketersediaan pangan melalui sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan, harus tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem dan ramah lingkungan serta tidak mengancam keanekaragaman hayati.

Ketahanan pangan nasional suatu negara berbasis sumberdaya lokal juga menghadapi tantangan di era globalisasi dan perdagangan bebas, dimana produk pangan impor membanjiri pasar konsumen. Apabila hal ini dibiarkan maka kerawanan pangan akan menjadi lebih rentan, bukan hanya diakibatkan oleh bencana alam namun juga faktor lainnya seperti inflasi dan kenaikan harga produk pangan impor yang tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan dan daya beli masyarakat dalam negeri. Oleh karena itu optimalisasi sumber daya lokal sangat diperlukan untuk mencapai kemandirian pangan.

Penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia (HPS) dijadikan momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Rangkaian kegiatan peringatan HPS tersebut diharapkan dapat menstimulasi peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap penyediaan pangan.

Kegiatan yang dilaksanakan Pada Hari Pangan Sedunia 2014:

  • Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal antar Kabupaten/Kota se Sumatera Utara
  • Penyerahan Piagam/piala penghargaan ketahanan pangan kepada Bupati dan kelompok masyarakat.
  • Penyerahan bantuan kepada kelompok tani.
  • Pemberian makanan tambahan kepada anak SD
  • Lounching One Day No Rice (Gerakan satu hari tanpa nasi) Tingkat Provinsi Sumatera Utara.
  • Pameran dan Bazar

Hari Pangan Sedunia di Provinsi Sumatera Utara telah dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2014 bertempat di Halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara. Acara tersebut dihadiri oleh: Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Bupati/Walikota se Sumatera Utara, Kepala Badan/Dinas/Instansi Provinsi Sumatera Utara, Ketua TP-PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara.
Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara berperan aktif dalam perayaan Hari Pangan Sedunia tersebut dengan menampilkan pangan produk olahan tanaman hasil perkebunan seperti sagu, kelapa, aren, kopi, kakao, pala, dll.

Pemberian penghargaan bagi petani berprestasi antara lain:

1. Juara Pertama

Nama : Ludiantoni Manik
Komoditi : Kopi
Kabupaten : Simalungun

2. Juara Kedua

Nama : Beny Aritonang
Komoditi : Tebu
Kabupaten : Deli Serdang

3. Juara Ketiga

Nama : Jumiatmi
Komoditi : Aren
Kabupaten : Langkat